Aérospatiale-BAC Concorde adalah sebuah
pesawat terbang supersonik yang merupakan satu dari dua jenis pesawat
penumpang supersonik yang pernah melayani jalur transportasi secara
komersial. Pesawat supersonik lainnya tersebut adalah Tupolev Tu-144
milik Rusia yang juga ditengarai adalah hasil spionase dari Concorde.
Concorde memiliki kecepatan jelajah 2,04
Mach (kecepatan suara) dan ketinggian terbang hingga 60.000 kaki
(17.700 meter) dengan konfigurasi sayap delta dan evolusi mesin yang
dilengkapi dengan mesin jet afterburner awalnya dikembangkan untuk
pesawat pengebom strategis (bomber) Avro Vulcan. Penerbangan komersial
yang dioperasikan oleh British Airways dan Air France ini dimulai pada
21 Januari 1976 dan berakhir pada 24 Oktober 2003, dengan penerbangan
terakhir pada 26 November tahun yang sama.
Salah satu hal unik dari pesawat ini
adalah bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Sekilas pembengkokkan
hidung Concorde hanya seperti aksesoris saja. Namun ternyata, penekukan
hidung ini (sudut penekukannya 12,5 derajat hingga 30 derajat) perlu
dilakukan saat hendak mendarat agar hidung Concorde tidak menghalangi
pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang dibawah.
Concorde pernah mengalami kecelakaan
pada 25 Juli 2000. Hal itu membuat orang-orang menyadari rentannya
pesawat supersonik. Akhirnya, ditambah dengan mahalnya biaya
operasional, sejak tahun 2003 pesawat Concorde tidak terbang lagi dan
kedua maskapai yang mengoperasikannya (Air France dan British Airways)
memensiunkan pesawat ini dari jajaran armadanya dan mengakhiri era
penerbangan supersonik.
Selama 20 tahun pertama penerbangan
komersialnya, Concorde mengangkut 3,7 juta penumpang. Jam terbang ke-13
pesawat Concorde sekarang sudah lebih dari 200.000 jam terbang. Dari
jumlah itu, 140.000 jam di antaranya adalah 140.000 jam terbang di atas
kecepatan suara. Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan
kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000
kaki. Itu artinya kecepatan Concorde 2 kalinya kecepatan suara, yakni
1.200 km/jam. Dengan kecepatan luar biasa ini, Concorde hanya
membutuhkan waktu 2 setengah jam dari Paris ke New York. Padahal,
rata-rata pesawat biasa menempuh jarak tersebut harus membutuhkan waktu
lebih dari 7 jam.
Ketika menembus kecepatan suara,
Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut Sonic Boom.
Jika terjadi di atas daratan yang penuh dengan perumahan, pengaruh sonic
boom dapat memecahkan kaca-kaca jendela rumah! Makanya, Concorde hanya
diperbolehkan terbang dengan kecepatan luar biasa tersebut ketika sudah
berada di atas Samudera Atlantik. Saat Concorde masih terbang di atas
daratan Eropa dan Amerika, Concorde melaju dengan menggunakan kecepatan
pesawat biasa, yaitu 600 km/jam.
Concorde mengalami 1 kecelakaan yang
sangat fatal, yakni Air France Penerbangan 4590. Penerbanagan ini adalah
penerbangan terjadwal khusus Concorde yang melakukan penerbangan dari
bandara internasional Charles de Gaulle Paris, Perancis menuju New
York,Amerika Serikat. Menurut NTSB,kecelakaan ini disebabkan ban pecah.
Spesifikasi Pesawat Terbang Supersonik Concorde
Karakteristik Umum :
Crew: 3 (2 orang Pilots dan 1 orang teknisi)
Kapasitas Penumpang : 92 – 120 orang
Panjang : 61,66 m
Lebar Bentangan Sayap : 25,6 m
Tinggi : 12,2 m
Luas Area Sayap : 358,25 m2
Berat Kosong : 78.700 kg
Berat Terisi : 111.130 kg
Mesin Pendorong : 4 unit Rolls-Royce/SNECMA Olympus 593 Mk 610 afterburning turbojet
Kapasitas Penumpang : 92 – 120 orang
Panjang : 61,66 m
Lebar Bentangan Sayap : 25,6 m
Tinggi : 12,2 m
Luas Area Sayap : 358,25 m2
Berat Kosong : 78.700 kg
Berat Terisi : 111.130 kg
Mesin Pendorong : 4 unit Rolls-Royce/SNECMA Olympus 593 Mk 610 afterburning turbojet
Kinerja :
Kecepatan Maksimum : Mach 2,04 (2.179 km/jam)
Kecepatan Jelajah : Mach 2,02 (2.158 km/jam)
Jarak Jangkau Terbang : 7.250 km
Batas Ketinggian Penerbangan : 18.300 m
Kecepatan Panjat : 25,41 m/detik
Rasion Dorongan Dan Berat : 0,373
Kecepatan Jelajah : Mach 2,02 (2.158 km/jam)
Jarak Jangkau Terbang : 7.250 km
Batas Ketinggian Penerbangan : 18.300 m
Kecepatan Panjat : 25,41 m/detik
Rasion Dorongan Dan Berat : 0,373
Tidak ada komentar:
Posting Komentar